Tips Bersepeda Jarak Jauh yang Perlu Kamu Ketahui!

Bersepeda Jarak Jauh
Share this Article :

Bersepeda Jarak Jauh – Hallo sobat gowes! Bersepeda adalah gaya hidup yang banyak di lakukan oleh semua orang. Sebagian penghobi sepeda ingin mencoba tantangan yang lebih lagi yaitu bersepeda dengan tujuan dari satu kota ke kota lain.

Apabila rute bersepeda adalah tempat wisata yang terkenal karena keindahan alamnya, pasti akan membuat kalian lebih bersemangat untuk mengayuh sepedanya. Dengan mengayuh dalam rute yang panjang, kalian akan meningkatkan ketahanan dan dapat melatih bermacam-macam teknik bersepeda.

Baca juga:

7 Tips yang Harus Dipersiapkan Saat Bersepeda Jarak Jauh

Ada beberapa hal yang harus di persiapkan saat sobat ingin melakukannya, selain mencari tau kondisi jalanan yang akan kamu lewati juga harus persiapkan kondisi sepeda dan gear apa saja yang dibutuhkan saat bersepeda. Simak disini ya sobat tipsnya!

1. Latihan Fisik

Sebelum memulai perjalanan baiknya sobat melakukan latihan terlebih dahulu. Latihan bersepeda dengan rutin dapat membentuk masa otot agar mengurangi cedera saat melakukan perjalanan. Apabila sobat ingin melakukan perjalanan dengan target 200km ada baiknya kamu melakukan latihan dengan rute dari 20% – 70% secara berkala terlebih dahulu, sehinga fisik kamu dapat terbiasa dengan rute tersebut.

2. Manggunakan GPS

Alat GPS salah satu komponen yang kadang di abaikan oleh pesepeda, akan tetapi ternyata alat ini sangat penting apa lagi kamu yang ingin touring dengan bersepeda. Selain berfungsi sebagai penanda arah jalan, alat ini juga memliki fitur untuk kamu mengetahui kecepatan pada saat bersepeda. Sangat dianjurkan juga memilih alat yang mempunyai fitur deteksi detak jantung agar kamu bisa mengetahuinya pada saat perjalanan.

3. Pilih Jenis Sepeda yang Tepat Sesuai Medan

Jenis sepeda juga sangat menunjang kenyamanan sobat saat bersepeda dengan melewati medan yang bermacam, banyak jenis sepeda yang bisa kamu pilih mulai dari jenis gravel, touring, sampai roadbike. Komponen sepedanya sendiri juga menentukan seperti frame sepeda berbahan carbon atau alloy. Yang pasti pilihlah janis sepeda yang nyaman untuk sobat saat berkendara!

4. Gunakan Pakaian dan Perlengkapan yang Nyaman

Penggunaan pakaian dan perlengkapan bersepeda dapat memberikan rasa nyaman dan aman pada saat berkendara. seperti penggunaan bib shorts cycling, helm, cycling shoes dan lain lain.

5. Pilih Sprocket dengan Rasio yang Tepat

Dengan pemilihan sprocket yang tepat bersepeda saat perjalaan jauh akan terasa lebih ringan, karena pada saat perjalan kamu akan bertemu rute yang naik turun. Lebih baik lagi kamu mengetahui rute yang akan ditempuh sehingga kamu bisa berkonsultasi dahulu kepada mekanik sepeda sebelum memilih sprocket yang tepat.

6. Kosumsi Makanan & Minuman yang Bergizi

Makanan dan minuman yang begizi dapat memenuhi kebutuhan energi pada saat kamu bersepeda. Pesepeda dianjurkan untuk makan dan minum yang cukup, dengan minum yang cukup selama 1 jam 1 kali pesepeda dapat mengurangi resiko terkena dehidrasi.

Kekurangan makanan dapat menurunkan energi karena kekurangan kadar gula dalam tubuh. Makanan yang dianjurkan dalam bersepeda adalah snack bar, pisang dan juga energy gel.

7. Sesuaikan Posisi Bersepeda dengan Nyaman

Selain memperhatikan jenis sepeda dan part yang sesuai, posisi bersepeda dapat menambah kenyamanan pada saat bersepeda. Dengan mengukur tinggi seat post dan ukuran stang yang nyaman dapat mengurangi cedera pada otot dikarenakan posisi yang salah.

Sebelum bersepeda jauh bawalah sepeda anda ke bengkel sepeda untuk minta bantuan mekanik menyetel sepeda sobat!

Pilihan Sepeda Untuk Disegala Rute Perjalananmu!

Nah, sudah tau bukan apa saja yang harus diperhatikan dan dipersiapkan pada saat ingin bersepeda dengan jarak yang jauh. Dan bagi sobat yang ingin mencobanya Element Bike punya banyak pilihan sepeda yang nyaman buat kamu, bisa dilihat di link disini!

Ayo Mulai Sekarang

Sepeda Dengan Banyak Cerita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *